Definisi-e-banking-jenis-hambatan-implementasi-dan-keamanan

Definisi e-banking: jenis, hambatan, implementasi dan keamanan

Definisi e-banking
Buka baca cepat

E-banking merupakan salah satu sektor yang dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi atau perbankan, dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada sektor perbankan di negara maju relatif lebih maju dibandingkan sektor lainnya.

Definisi-e-banking-jenis-hambatan-implementasi-dan-keamanan

Perbankan elektronik mencakup berbagai teknologi yang telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa terkait dengan layanan perbankan garis depan, seperti: B. ATM dan perbankan sistem terkomputerisasi, sementara yang lain adalah teknologi jalur belakang yang digunakan oleh lembaga keuangan, pedagang, atau penyedia layanan transaksi. ..
Contoh layanan e-banking

 

ATM
Sistem transfer bank
Sistem pembayaran bruto waktu nyata
Perbankan online “Perbankan Internet”
Sistem pembayaran elektronik

Keuntungan dari e-banking

Keuntungan dari e-banking

Fungsi penggunaannya mirip dengan ATM dengan bahan berbeda. Pelanggan bahkan dapat memeriksa saldo, mentransfer uang antar rekening atau bank, dan bahkan membayar tagihan bulanan seperti listrik, panggilan telepon, dan kartu kredit.

Dengan e-banking, tidak ada antrian untuk e-banking dan Anda dapat melakukannya dari mana saja selama Anda memiliki fasilitas untuk menjalankan layanan e-banking Anda, sehingga dari segi waktu dan tenaga Anda perlu berhemat. Pelanggan memiliki banyak keuntungan.
Jenis teknologi e-banking

Jenis teknologi e-banking

Di bawah ini adalah berbagai jenis teknologi e-banking, yang meliputi:

Mesin ATM (ATM)

Terminal elektronik disediakan oleh lembaga keuangan dan perusahaan lain. Pelanggan dapat menarik uang tunai dari rekening deposito bank mereka, melakukan penyetoran, memeriksa saldo dan mentransfer dana.
Baca selengkapnya

Perbankan komputer

Layanan perbankan yang dapat diakses nasabah melalui koneksi internet ke data center bank. Lakukan transaksi perbankan, terima tagihan, dan bayar.

Kartu debit (atau cek)

Kartu yang digunakan di ATM atau terminal POS memungkinkan pelanggan untuk menarik (menarik) uang langsung dari rekening bank mereka.

Deposit langsung

Bentuk pembayaran oleh organisasi (seperti pemberi kerja atau lembaga pemerintah) yang membayar jumlah tertentu (seperti gaji atau pensiun) menggunakan transfer elektronik. Uang ditransfer langsung ke rekening masing-masing pelanggan.

Pembayaran langsung (juga pembayaran faktur elektronik)

Salah satu metode pembayaran yang dapat digunakan pelanggan untuk membayar tagihan melalui transfer bank. Uang tersebut ditransfer secara elektronik dari rekening pelanggan ke rekening kreditur. Dalam kasus ini, pembayaran langsung berbeda dari tagihan pra-otorisasi. Pelanggan harus menyelesaikan semua transaksi pembayaran langsung.

Pembayaran langsung (juga pembayaran faktur elektronik)

Metode pembayaran untuk pelanggan atau faktur yang dikirim atau diberitahukan kepada pelanggan secara online, mis. B. melalui email atau detail rekening bank. Setelah mengirimkan invoice ini, pelanggan juga dapat membayar invoice ini secara online. Pembayaran elektronik ini mengurangi saldo setoran Anda.

Konversi cek elektronik

Proses mengubah informasi yang terkandung dalam cek (nomor rekening, jumlah transaksi, dll.) Ke dalam format elektronik yang dapat digunakan untuk transfer elektronik atau pemrosesan selanjutnya.

Transfer uang elektronik (EFT)

Mentransfer “uang” atau “pinjaman” dari satu rekening ke rekening lain menggunakan media elektronik.

Bayar kartu

Jenis “kartu prabayar tersimpan” yang dikeluarkan oleh majikan sebagai pengganti cek memungkinkan karyawan untuk mengakses pembayaran di ATM atau terminal POS. Pengusaha secara elektronik menambahkan pembayaran karyawan ke kartu.

Debit langsung pra-otorisasi (atau pembayaran faktur otomatis)

Metode pembayaran yang memungkinkan pelanggan menyetujui pembayaran otomatis berulang yang akan didebit dari rekening bank mereka pada waktu tertentu, biasanya untuk jumlah tertentu (mis. Tagihan utilitas, tagihan telepon, dll.). Dana ditransfer secara elektronik dari rekening pelanggan ke rekening kreditur (misalnya PLN atau PT Telkom).

kartu prabayar

Jenis kartu prabayar tersimpan yang menghemat uang jika pelanggan sebelumnya telah membayar penerbit kartu.

Kartu chip

Jenis kartu prabayar dengan satu atau lebih chip atau mikroprosesor yang tertanam di dalamnya. Anda dapat menyimpan data, melakukan penghitungan dan melakukan proses untuk tujuan khusus (verifikasi PIN, otorisasi pembelian, pengecekan saldo akun, penyimpanan data pribadi

 

LIHAT JUGA :

http://geografi.upi.edu/video-bokeh-link-full/
http://geografi.upi.edu/gelombang-elektromagnetik/
http://geografi.upi.edu/laju-reaksi/
http://geografi.upi.edu/kinemaster-pro/
http://geografi.upi.edu/alight-motion-pro/
http://geografi.upi.edu/whatsapp-gb-apk-pro/
http://geografi.upi.edu/wa-web-di-pc/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/pengertian-gelombang-elektromagnetik/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/kinemaster-pro/
https://silviayohana.student.telkomuniversity.ac.id/alight-motion-pro/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/gelombang-elektromagnetik/
http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/kinemaster-pro/

Related Posts