lagu-k-pop-hilang

Lagu K-Pop Hilang dari Spotify, Netizen: Auto Uninstall

Lagu K-Pop yang Hilang dari Spotify, Netizen: Pencopotan Otomatis

lagu-k-pop-hilang

Kabar buruk datang dari dunia musik Korea Selatan, atau yang biasa kita sebut K-pop. Di mana lagu-lagu Korea tiba-tiba menghilang dari platform musik Spotify!

Kabar buruk ini rupanya membuat heran para pengguna internet Indonesia khususnya. Mengapa lagu K-Pop menghilang di Spotify?

Hilangnya ratusan lagu Korea disebut-sebut akibat perseteruan Kakao M dengan Spotify.

Spotify mengatakan bahwa terlepas dari upaya terbaik mereka selama 1,5 tahun terakhir, mereka tidak dapat memperbarui perjanjian lisensi global mereka dengan Kakao M, yang mengakibatkan penghapusan semua lagu yang didistribusikan oleh label besar Korea.

Namun, bertolak belakang dengan apa yang dikatakan Spotify, jawaban mengejutkan datang dari Kakao M.

Kakao M mengeluarkan pernyataan yang mengklaim bahwa pihak yang tidak memperbarui kontrak adalah Spotify, terlepas dari permintaan Kakao M.

Kakao mengatakan sedang bernegosiasi apakah katalog musiknya akan tersedia di Korea dan kesepakatan yang berakhir adalah masalah terpisah dan independen.

“Terlepas dari perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah mengadakan negosiasi terpisah dengan Spotify mengenai kontrak domestik untuk pengiriman musik,” kata Kakao M.

Perusahaan induk Kakao M juga memiliki dan mengoperasikan layanan streaming MelOn, salah satu platform musik digital terbesar di Korea Selatan.

Tablo dari grup Epik High menulis bahwa hilangnya musik K-pop adalah hasil dari perselisihan antara perusahaan Korea dan Spotify.

“Tampaknya perselisihan antara distributor kami Kakao M dan Spotify berarti bahwa album baru kami Epik High Is Here tidak tersedia di seluruh dunia bertentangan dengan keinginan kami. Terlepas dari siapa yang harus disalahkan, mengapa seniman dan penggemar menderita ketika bisnis menempatkan keserakahan di atas seni? Spotify mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Jadi lagu dari band mana yang sudah tidak ada lagi di Spotify?

Lagu-lagu seperti IU, Chery Bullet, GFriend, Mamamoo, CL dan Nu’est sepertinya sudah hilang. Sontak pengguna internet Indonesia angkat bicara.

“Huh, itu serius, apa gunanya mencopot sendiri secara otomatis!” kata salah satu pengguna internet.

“IU sudah pergi, wow!!! Wow, itu tidak adil bagiku!! Bawa kembali lagu-lagunya,” tambah pengguna internet lainnya.

Yang Harus Kamu Ketahui, Kakao M dikenal banyak menyebarkan lagu-lagu Korea populer.

Dengan 37,5 persen lagu di tangga lagu Top 400 tahunan 2020 di Tangga Lagu Gaon.

Sumber :

Related Posts