mau-dapat-bansos

10 Langkah daftar DTKS di situs cekbansos.kemensos.go.id

Apakah Anda ingin menerima bantuan sosial? Cara daftar di dtks.kemensos.go.id!

mau-dapat-bansos

Untuk membantu mereka yang terdampak pandemi, pemerintah telah menawarkan berbagai jenis bantuan sosial sejak tahun 2020. Salah satunya adalah Data Sosial Terpadu (DTKS) Kementerian Sosial.

Bagaimana cara mendaftar dtks.kemensos.go.id dan apa saja persyaratannya? Jaka akan memberikan ulasannya untuk Anda pada artikel di bawah ini.

Apa itu DTKS Kementerian Sosial?

Sebelum melalui langkah-langkah mendaftar dtks.kemensos.go.id, penting untuk memahami apa itu DTKS sebenarnya. DTKS adalah data atau database terintegrasi kesejahteraan sosial dengan berbagai kriteria untuk individu dan rumah tangga.

Data yang tercantum dalam DTKS Kementerian Sosial tersebut kemudian menjadi acuan tujuan program perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah dan pusat.

Meski program DTKS dimulai pada 2017, sejak pandemi COVID-19, pemerintah fokus membantu masyarakat yang berjuang di masa pandemi COVID-19.

Setidaknya ada 3 jenis bantuan pemerintah untuk masyarakat miskin dan rentan.

Jenis DTKS yang mendukung Kemensos

Dalam database Kemensos, masyarakat terdampak pandemi mendapat 3 jenis bansos. Jenis bantuan tersebut antara lain:

1. Dukung Program Keluarga Harapan

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan negara berupa sejumlah uang yang disalurkan selama 12 bulan dalam 4 tahap yang berbeda. Tahap pertama akan diberikan pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

2. Bantuan makanan tanpa uang tunai

Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) adalah bantuan sembako yang diberikan oleh pemerintah selama 12 bulan.

Setiap bulan calon penerima menerima sembako dengan nilai tunai Rp. 200.000.

3. Bantuan sosial dalam bentuk tunai

Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah jenis donasi yang diberikan kepada masyarakat rentan secara tunai untuk membantu merangsang perekonomian.

Bantuan tersebut sebesar Rp. 1.200.000, yang diberikan setiap 4 bulan. Untuk setiap pencairan bantuan ini, masyarakat menerima Rp. 300.000.

Persyaratan pendaftaran dtks.kemensos.go.id

Tentunya bagi Anda yang tertarik atau ingin menerima bantuan ini, hal ini tidak bisa terjadi secara kebetulan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Bukan ASN, TNI atau POLRI.
  • Termasuk dalam kriteria miskin atau berisiko miskin.
  • Calon penerima BST harus individu yang terkena dampak COVID-19, terlepas dari apakah mereka telah diberhentikan atau kehilangan pekerjaan.
  • Wajib bagi calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) adalah keluarga miskin yang berisiko miskin atau keluarga dengan komponen tertentu (ibu hamil, lanjut usia, penyandang disabilitas, siswa SD hingga siswa SMA).

Cara daftar dtks.kemensos.go.id

Jika Anda merasa memenuhi persyaratan di atas dan ingin mengetahui cara mendaftar dtks.kemensos.go.id, berikut langkah-langkahnya!

  • Pendaftaran dtks.kemensos.go.id tidak dapat dilakukan secara mandiri secara online. Mendaftar ke pejabat pemerintah setempat seperti RT/RW atau kantor desa untuk mendapatkan bantuan.
  • Setelah mendaftar dengan otoritas setempat, Anda akan menerima surat pemberitahuan. Surat tersebut berisi tentang pendaftaran teknis di tempat yang telah ditentukan.
  • Bawa data tambahan seperti ** KTP, KK, NIK dan Kode Keluarga Unik ke dalam data terintegrasi. **
  • Setelah data Anda lengkap akan diproses oleh Himpunan Bank-Bank Negara (HIMBARA), kantor desa dan kantor dewan daerah/walikota.
  • Rekening bank dibuat khusus untuk BPNT dan diterbitkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Cara cek bantuan di dtks.kemensos.go.id

Bagi Anda yang sudah memenuhi syarat dan terdaftar tentunya bisa mengecek sendiri apakah nama Anda sudah terdaftar atau belum. Langkah-langkah untuk memeriksanya termasuk.

  • Buka website DTKS Kemensos di dtks.kemensos.go.id
  • Pilih identitas yang digunakan saat pendaftaran. Anda bisa menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK),
  • Nomor JK/KIS-PBI atau Nomor DTKS/BDT-ID.
  • Masukkan nomor ID.
  • Masukkan kode captcha yang disediakan.
  • Klik Cari untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam daftar penerima atau tidak.

Sumber :

Related Posts