pembelajaran-smp

Contoh Rencana Pembelajaran SMP kelas 7 Semester 2

Contoh RPP kelas 7 semester 2 tingkat menengah

pembelajaran-smp

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP 01)

  • Sekolah: SMP XXXXX
  • mata pelajaran: bahasa inggris
  • Kelas / semester: VII / 2

Standar kompetensi: 7. Memahami pentingnya teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

Keterampilan Dasar: 7.2 Pentingnya percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana menggunakan ragam bahasa lisan yang akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dan memberi barang serta menanyakan fakta dan untuk memberi.

Indikator: Menanggapi ekspresi

  • – Meminta dan memberikan layanan
  • – Suka, cinta, benci + kata kerja ing
  • – Meminta dan memberi barang.
  • – Mengajukan pertanyaan dan memberikan fakta

Jenis teks: deskripsi (esai), pertunjukan, tes lisan

  • Topik: hobi
  • Aspek: mendengarkan
  • Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)

tujuan belajar

Di akhir pembelajaran, siswa dapat:

a) Menanggapi pernyataan permintaan dan penyediaan layanan
b) Merespon ucapan meminta dan memberi barang
c) Melakukan dialog singkat tentang meminta dan memberikan layanan.
d) Gunakan kata kerja seperti, cinta, hase + ing dalam kalimat
e) Berdialog singkat dengan kata-kata di atas.

Materi pembelajaran
a) Kalimat

Meminta dan menyediakan layanan, barang

  • Tolong beri saya pensil! A. Apakah Amir belajar bahasa Inggris setiap hari?
  • Tentu. Ini dia / yakin itu B. Ya dia melakukannya
  • Tolong beri saya secarik kertas!
  • Tentu di sini Anda yakin itu
  • Tolong ambilkan penghapus dan penggaris untukku! Apakah Anda datang ke sini kemarin? Tidak bukan saya.
  • Tentu, ini dia

b) Kosakata pada subjek / jenis teks

  • Beri aku, tentu, berikan selembar kertas
  • Ambil, gelas, air
  • Kata kerja, memberi, menerima, meneruskan
  • menjadi, adalah
  • Kata benda, kertas, penghapus dan penggaris
    Kata ganti orang, aku, kamu

Metode pembelajaran

  • – Penggunaan kata kerja sederhana
  • – Penggunaan benda-benda di dalam kelas

Langkah
a) Kegiatan persiapan

  • – persepsi
  • – Pengenalan kata kerja dan kata benda baru

b) kegiatan inti

Pertemuan 1

  • Diskusikan kata-kata sulit yang digunakan dalam teks
  • Dengarkan kalimat guru
  • Menentukan arti dan fungsi kalimat yang didengar.
  • Meniru kalimat guru

Pertemuan 2

Dengarkan percakapan tentang meminta dan menawarkan layanan, barang
Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
Lakukan percakapan dengan suka, cinta, hasse + kata kerja ing.
Meniru kalimat guru
c) Kegiatan penutup
Pertanyaan tentang proses belajar mengajar (kesulitan dengan PBM)
Bahan studi akhir
Tugas (PR)

Alat bantu belajar
a) Bahasa Inggris di langit, Mukarto M.Sc. Erlangga 2004 halaman 111-114

Pengembangan Keterampilan Bahasa Inggris untuk SMP Kelas VII, Agus Widyantoro dkk, Mediatama.

b) Gambar yang relevan

evaluasi
a) Teknik: Lisan, tertulis, pertunjukan
b) Bentuk: Deskripsi. Pertanyaan
c) Instrumen:

Dengarkan ungkapan dan berikan jawaban Anda secara normal dan tertulis

Tolong beri saya pensil!

………

Bisakah Anda memberi saya selembar kertas, tolong?

………

Tolong ambilkan penghapus dan penggaris untukku!

………

Apakah kamu suka joging?

Ya, saya suka, saya suka …….

Keluarga saya suka (perjalanan) …
Benci john (berenang)
Kami suka (bermain) …… .. sepak bola di tengah hujan
Mereka suka (makan) … di restoran
Apakah ibumu suka memasak?

………

Angela tidak suka (menonton) …… program TV.

Jawaban kunci

  1. Tentu, di sini Anda / aman di sini (media tama halaman 109)
  2. Tentu, ini dia
  3. Tentu, ini dia
  4. joging
  5. bepergian
  6. berenang
  7. Bermain
  8. pengaturan
  9. Ya memang
  10. Hati-Hati .

Sumber :

Related Posts