Peneliti Klaim Berhasil Kembangkan Embrio Manusia
By: Date: 12/06/2020 Categories: Pendidikan

Peneliti Klaim Berhasil Kembangkan Embrio Manusia

Peneliti Klaim Berhasil Kembangkan Embrio Manusia

Bugscode.Id – Para peneliti telah mampu mengembangkan embrio manusia menggunakan sel induk manusia. Hasil ini dapat memberikan wawasan penting ke dalam tahap awal perkembangan janin anak.

Tim peneliti dari Universitas Cambridge dan Institut Hubrecht dari Belanda mengatakan model embrionik memungkinkan mereka untuk mengamati proses dasar pembentukan tubuh manusia yang belum pernah terlihat di mata ilmu pengetahuan.

Cetak biru konstruksi manusia diciptakan melalui proses yang dikenal sebagai gastrulasi. Proses ini terjadi ketika tiga lapisan sel yang berbeda terbentuk di dalam embrio.

Tiga lapisan sel menghasilkan tiga sistem utama tubuh, yaitu saraf, otot, tulang, dan pencernaan. Proses ini dianggap misterius karena para peneliti dilarang oleh hukum untuk mengembangkan embrio setelah 14 hari di laboratorium.

Lihat juga: Para ilmuwan mengungkap fakta Kuda laut jantan bisa hamil

Dalam studi ini, para peneliti mengatakan model penelitian menyerupai embrio yang berusia antara 18 dan 21 hari. Waktu yang sama saat gastrulasi.

Selama waktu ini, cacat lahir dapat terjadi karena cacat lahir. Para peneliti percaya bahwa pemahaman yang lebih baik tentang gastrulasi dapat membantu untuk memahami masalah ketidaksuburan, keguguran, dan kelainan genetik.

“Model kami menghasilkan bagian dari cetak biru manusia. Sangat menarik untuk menyaksikan proses pengembangan yang sebelumnya tidak terlihat dan tidak disembunyikan.” kata salah satu peneliti di Cambridge Genetics Department, Alfonso Martinez-Arias.

Untuk membuat model tiga dimensi yang disebut gastruloid, tim mengumpulkan kumpulan sel manusia yang ketat dan mengolahnya dengan bahan kimia yang bertindak sebagai sinyal untuk mengaktifkan gen tertentu.

Lihat juga: Lihat keamanan seksual selama pandemi korona

AFP mengatakan pada hari Jumat (6 Desember) bahwa sel induk manusia digunakan untuk pertama kalinya untuk membuat model tiga dimensi embrio manusia. Beberapa percobaan dengan sel induk dari tikus dan ikan zebra dilakukan.

Para ilmuwan menekankan bahwa gastruloid tidak pernah berkembang menjadi embrio yang terbentuk sepenuhnya karena model ini tidak memiliki sel-sel otak dan jaringan yang akan ditanamkan di dalam rahim.

Namun demikian, para peneliti dapat mengamati perkembangan model selama sekitar 72 jam dan mengidentifikasi tanda-tanda yang jelas dari peristiwa yang mengarah pada pembentukan otot, tulang, dan tulang rawan.

Jeremy Green, Profesor Biologi Perkembangan di King’s College London,

mengatakan penelitian ini adalah jendela yang fantastis untuk melihat pembentukan awal tubuh manusia.

“Ini menggarisbawahi kekuatan luar biasa dari organisasi sel independen dan jaringan dalam kondisi yang tepat,” kata Green.

 

Baca juga: