Penjelasan dan Harga Burung Walet
By: Date: 13/02/2021 Categories: Umum
Penjelasan-dan-Harga-Burung-Walet

Burung walet atau collocalla vestita adalah burung yang sangat terkenal di berbagai belahan dunia.

Burung ini sangat digemari karena dapat menghasilkan sarang yang merupakan komoditas dengan harga jual yang sangat mahal.

 

Penjelasan-dan-Harga-Burung-Walet

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://hargaburung.id/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Burung dari famili Apodidae

Hidup berkelompok dan menyukai tempat gelap sebagai rumahnya.

Di alam liar, burung layang-layang hidup di gua-gua di pantai. Burung walet yang hidup bebas memiliki harga jual sarang yang jauh lebih tinggi dari pada burung walet yang diternakkan.

Hal ini terkait dengan proses pemanenan sarang walet yang tidak mudah dan penuh resiko. Salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil walet sawang alam terletak di Cilacap, Jawa Tengah.

Burung walet berkerabat dekat dengan burung kolibri dan sriti.

Bahkan bagi orang awam pun sulit membedakan burung walet dan sriti karena bentuknya yang sangat mirip. Namun, mereka dapat dibedakan dengan membandingkan ukuran tubuh.

Panjang tubuh rata-rata burung walet sekitar 9 cm hingga 10 cm, sedangkan Sriti bisa mencapai dua kali lebih besar.

Ekor burung walet terlihat lebih pendek dan kurang runcing, sedangkan Sriti memiliki ekor yang lebih panjang dan meruncing.

Sayap fokus pada burung layang-layang dan terlihat runcing saat terbang. Warna bulu yang menutupi tubuhnya hanya terdiri dari dua warna gelap, yaitu coklat tua dan hitam.

Burung walet adalah burung yang, tidak seperti burung, umumnya tidak bisa duduk atau berdiri di dahan. Ini karena kakinya yang sangat pendek.

Namun, kaki walet sebenarnya bisa digunakan untuk menempel pada dinding atau bangunan gua.

Sekilas, cara hidup burung layang-layang ini menyerupai kelelawar. Saat burung walet hidup di satu tempat, mereka membuat sarang air liur.

Air liur dikumpulkan sampai mengeras dan digunakan sebagai tempat pemeliharaan anak.

Sarang burung walet kemudian menjadi komoditas yang harganya jauh lebih mahal dari pada harga burung.

Harga burung walet per ekor tidak murah, meski kalah bersaing dengan harga sarang yang bisa mencapai puluhan juta. Ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin memelihara Swallow.

Karena burung ini membutuhkan perawatan khusus untuk menghasilkan air liur yang baik. Bagi para pemula yang baru memulai bisnis Walet, seringkali mereka merasa bingung dan kewalahan, terutama ketika harus membangun tempat tinggal Burung Walet.

Anda perlu menyediakan setidaknya satu ruangan khusus yang remang-remang bahkan gelap. Sesuaikan suhu di dalam ruangan agar selalu lembab agar burung tertarik untuk hidup di dalam ruangan.

Memulai bisnis burung walet sangat dianjurkan karena burungnya masih kecil. Jika bisa, peliharalah burung seperti yang baru saja menetas. Telur walet bisa anda dapatkan di pasaran dengan harga yang relatif murah.

Saat anda membeli burung walet berukuran besar akan sulit untuk melatih dan membiasakan untuk kembali ke tempat yang anda sediakan.

Harga burung walet saat ini juga lebih mahal dari pada harga telur.

Selama masa perawatan, Anda perlu membersihkan kamar atau rumah menelan secara teratur, setidaknya tiga kali seminggu.

Saat burung sudah dewasa, mereka bisa mulai membuat sarang. Biasanya semakin tua burung maka sarang yang dihasilkan akan semakin sulit sehingga akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasak saat diolah.

Lihat Juga: Makanan Burung Murai