Predasi-adalah-Pengertian-Fungsi-Klasifikasi-dan-Contoh

Predasi adalah: Pengertian, Fungsi, Klasifikasi dan Contoh

Definisi predasi
Buka baca cepat

Predasi adalah jenis interaksi antara makanan dan makanan. Umumnya satu spesies akan memakan spesies lain, meskipun beberapa hewan memiliki jenis kelamin yang sama (kanibal). Organisme yang makan dikenal sebagai predator. Sedangkan organisme yang dimakan disebut mangsa (mangsa). Predasi tidak terbatas pada hewan, tetapi juga pada herbivora dan tumbuhan. Dalam kasus predator antar hewan, predator biasanya lebih besar dari mangsanya.
Fungsi Predasi

Predasi-adalah-Pengertian-Fungsi-Klasifikasi-dan-Contoh

Fungsi predator adalah untuk mengontrol populasi makhluk hidup mangsanya dan mengatur ekosistem makhluk hidup agar populasi kedua jenis makhluk hidup tersebut tetap seimbang. Fungsi predator adalah untuk mengontrol populasi mangsa karena jika predator tidak ada dalam suatu ekosistem maka populasi mangsa tersebut akan meledak sehingga menimbulkan ketidakseimbangan dalam ekosistem tersebut.
Klasifikasi Predasi

Berikut adalah klasifikasi predasi, diantaranya sebagai berikut:

Predator Karnivora (predator dari karnivora) adalah klasifikasi predator dimana predator karnivora membunuh dan memburu mangsanya. Persepsi umum karnivora melibatkan hewan besar seperti singa atau harimau yang berburu hewan kecil seperti kelinci atau rusa. Predator karnivora adalah umum di alam liar, bagaimanapun, dan karnivora dapat datang dalam berbagai ukuran – dari berang-berang laut yang berburu bintang laut hingga paus biru yang memakan zooplankton, dengan setiap karnivora beradaptasi dengan makanannya.
Predator herbivora (predator herbivora) Predator herbivora biasanya diserang oleh organisme autotrofik seperti tumbuhan atau alga fotosintetik. Berbeda dengan karnivora, tidak setiap interaksi herbivora menyebabkan kematian tumbuhan. Terkadang herbivora juga bisa memberi manfaat pada tanaman. Benih buah didistribusikan ke area yang luas saat herbivora bergerak. Kulit biji yang keras dihilangkan di saluran pencernaan herbivora, dan limbahnya menyuburkan tanah, menyediakan lingkungan yang ideal untuk perkecambahan biji.
Predasi Parasitisme Predasi parasitisme adalah suatu bentuk hubungan di mana inang memberikan nutrisi penting bagi parasit untuk bertahan hidup dan berkembang biak. Dengan banyak interaksi parasit yang berhasil, inang menderita kehilangan energi, jatuh sakit, atau kehilangan akses ke nutrisi. Namun, tidak seperti karnivora, inang tidak selalu mati. Dalam kebanyakan kasus, parasit jauh lebih kecil daripada inang.
Mutualisme predasi melibatkan interaksi predasi antara dua organisme di mana inang menyediakan nutrisi dan ruang bagi spesies lain untuk tumbuh dan berkembang biak. Namun, tuan rumah tidak dirugikan dan interaksinya saling menguntungkan.

Contoh predasi

Di bawah ini adalah beberapa contoh predator, diantaranya sebagai berikut:
Baca lebih lanjut: Sosialisasi Politik

1. Ular dengan tikus

Ular dengan mouse

Tikus merupakan hewan sekaligus hama bagi petani padi atau petani lainnya. Ini karena tikus-tikus ini merusak tanaman mereka dan bahkan mencuri hasil panen para petani tersebut. Untuk meminimalisir kerugian yang akan ditimbulkan, para petani berusaha membasmi tikus tersebut dengan menggunakan predator agar lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan kimia yang terkadang malah merugikan tanamannya. Para petani menggunakan ular untuk berburu tikus. Biasanya, ular yang mereka tebar di daerah yang terkena tikus sudah dijinakkan terlebih dahulu agar bisa dilepas dengan aman ke alam liar. Namun perlu diawasi agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Kehadiran ular di lahan pertanian tentunya akan mengurangi pengembaraan tikus di lahan pertanian dan tentunya akan membawa manfaat bagi para petani.
2. Buaya dan kancil

Buaya dan kancil

Buaya adalah predator terkenal di rawa, sungai, dan muara. Buaya memiliki postur tubuh yang menyeramkan dengan gigi taring yang sangat tajam. Buaya, termasuk vertebrata atau vertebrata. Hewan kelas reptil ini terus berburu dengan menunggu makanan kemudian menyerang. Kancil adalah salah satu mangsa buaya terkenal yang ditemukan dalam dongeng. Jenis mamalia ini selalu mencari sumber air saat mereka haus. Sumber air di rawa, sungai, dan muara terancam karena banyaknya predator lapar, termasuk buaya. Buaya yang termasuk dalam kelompok reptilia ini terbagi menjadi beberapa marga, antara lain Mecistops, Crocodylus, Osteolaemus.
3. Singa dengan rusa

singa

 

LIHAT JUGA :

https://rollingstone.co.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/
https://www.dosenpendidikan.co.id/
https://www.kuliahbahasainggris.com/
https://www.sekolahbahasainggris.co.id/
https://www.ilmubahasainggris.com/
https://www.dulurtekno.co.id/
https://teknosentrik.com/
https://www.mobifrance.com/

Related Posts