Roman-Adalah-Pengertian-Ciri-Perbedaan-Jenis-dan-Contoh

Roman Adalah: Pengertian, Ciri, Perbedaan, Jenis, dan Contoh

definisi novel
Baca cepat Buka

Romance adalah cerita prosa panjang yang menceritakan karakter dari awal hidup sampai mati. Peristiwa di pabrik Romawi sangat beragam.
Pahami romansa, menurut para ahli

Roman-Adalah-Pengertian-Ciri-Perbedaan-Jenis-dan-Contoh

Berikut beberapa pendapat para ahli tentang masalah percintaan, yaitu sebagai berikut:

1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), roman adalah karya prosa yang menggambarkan perbuatan pelakunya menurut watak dan isi jiwa masing-masing.
2. Menurut Matzkowski

Menurut Matzkowski, romantisme berasal dari bahasa Perancis, yaitu “romance”, yang penggunaannya dapat ditemukan dalam semua karya sastra rakyat jelata. Kata roman identik berasal dari kata Latin lingua romana, yang berarti karya sastra dari ajaran biasa.
3. Menurut Gothe

Menurut Gothe, romantisme adalah karya sastra yang menggambarkan peristiwa yang dapat terjadi dengan keadaan yang tidak mungkin atau hampir tidak mungkin untuk bertemu, romantisme bersifat subjektif karena penulis mencoba menggambarkan dunia berdasarkan pendapatnya sendiri.

4. Menurut Jasina

Bagi Jasin, romansa adalah kisah yang merentang sepanjang hidup sang karakter, para aktor yang diperankan dari masa kanak-kanak hingga kematian.
5. Menurut Walter Scott

Menurut pendapat Walter Scott, romansa sebagai “kisah fiksi dalam bentuk prosa atau rima”. Contoh karya Romawi anak bangsa adalah “Siti Nurbaya Karyamarah Rusli”.
Fitur romantis

Di bawah ini adalah beberapa ciri-ciri romansa, yaitu sebagai berikut:

Romance bercerita tentang karakter fiksi.
Dalam novel tersebut, tokoh-tokohnya diceritakan dari lahir sampai mati.
Memiliki plot yang lengkap.
Karakter dijelaskan secara rinci.

Perbedaan Antara Romantisisme dan Roman No.

Romantisme dan novel adalah dua karya sastra yang berbeda. Seperti yang dipahami dalam sastra Jerman, ada beberapa hal yang membedakan romansa dengan novel, yaitu:

Romantis adalah cerita yang dideskripsikan secara detail, menceritakan tokoh atau peristiwa fiktif. Sedangkan novel adalah cerita yang menggambarkan peristiwa dengan cerita yang melampaui cerita pendek tetapi lebih pendek dari romansa.
Novel ditulis dengan banyak repertoar atau realitas eksternal dalam peristiwa sejarah.
Dari segi kedalaman cerita, Romance menggambarkan kronik kehidupan karakter secara lebih detail dan mendalam. Sedangkan novel hanya berfokus pada satu peristiwa luar biasa yang terjadi dalam kehidupan tokoh cerita, peristiwa tersebut menyebabkan krisis atau pergolakan internal yang mengubah nasib tokoh tersebut.

Baca lebih lanjut: Penghijauan adalah
Tipe Romantis

Berikut beberapa jenis romansa, yaitu sebagai berikut:
1. Berdasarkan penggambaran utama dalam cerita

Berdasarkan penggambaran utama dalam cerita, ada beberapa jenis antara lain:

Roman Character, jenis roman ini berfokus pada penggambaran satu atau lebih karakter dalam cerita. Atau dengan kata lain, fokus utama cerita dalam roman jenis ini berkisar pada tokoh-tokoh yang dikandungnya. Contoh dari jenis romansa ini adalah Kisah Tiga Kerajaan klasik.
Novel luar angkasa (World Romance), jenis roman ini mengutamakan representasi dunia dalam cerita.
Novel aksi (Roman Action), jenis roman ini menceritakan pembentukan perilaku atau plot yang menarik. Dengan kata lain, fokus cerita ini adalah pada suatu peristiwa atau tindakan.

2. Berdasarkan penekanan pada cerita

Romansa kriminal dan detektif

Romansa yang tergolong novel detektif menjadikan psikologi seorang kriminal sebagai fokus utama cerita. Sedangkan tipe roman detektif lebih banyak meletakkan cerita pada teka-teki atau kasus yang perlu dipecahkan oleh karakter detektif dengan kemampuan analitis dan pelacakan. Saat membaca novel roman jenis ini, seperti mengajak pembaca untuk berpikir bagaimana menghadapi suatu masalah, memprediksi apa yang akan terjadi, sehingga terjebak dalam ketegangan yang menunggu akhir cerita.

Contoh novel kriminal dan detektif sebagai berikut:

Novel Suman Hasibuan “Mencari Pencuri Anak Perawan”. Novel “In Search of a Maiden Thief” menceritakan tentang karakter Sir Jon yang dikisahkan oleh hantu seorang detektif yang berusaha merebut kembali tunangannya Nona dari tangan seorang karakter bernama Taro, yang konon memiliki berbagai Trik untuk mempengaruhi orang tua Nona untuk menikahkan gadis itu dengannya.
Juga novel ‘Percobaan Seria’ dan ‘Kasih Tak Terlerai’ karya Suman Hasibuan serta de

Lihat Juga :

https://www.jpnn.com/news/mengenal-winning-eleven-gim-olahraga-paling-populer
https://www.wartaekonomi.co.id/read349487/bosan-main-game-itu-itu-aja-cobain-nih-mini-militia-god-mod-apk-unlimited-nitro-dan-ammo-2021
https://www.beritasatu.com/nasional/123845/ini-contoh-teks-prosedural-protokol-sederhana-kompleks
https://www.suara.com/bisnis/2021/07/08/092216/pentingnya-mengenal-dan-mempelajari-jenis-teks-prosedur
https://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/kabar/read/161461/keunggulan-dan-kurangnya-wa-web-sebagai-fitur-whatsapp
https://ayobandung.com/read/2021/07/08/250265/tahapan-mudah-penggunaan-wa-web
https://www.solopos.com/pengertian-teks-eksplanasi-adalah-ciri-struktur-kaidah-contoh-1137977
https://www.gamegim.com/
https://majalahkartini.co.id/
https://1news.id/
https://kebangkitan-nasional.or.id/

Related Posts