Kumpulan Sungai Terpanjang Yang Berada di Indonesia
By: Date: 10/02/2021 Categories: Umum
Kumpulan-Sungai-Terpanjang-Yang-Berada-di-Indonesia

Sungai terpanjang di Indonesia

1. Sungai Kapuas, Kalimantan Barat

 

Kumpulan-Sungai-Terpanjang-Yang-Berada-di-Indonesia

Sungai Kapuas sering dikenal sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan seluruh Indonesia. Panjang totalnya mencapai 1178 km. Sungai tersebut mengalir di sepanjang Provinsi Kalimantan Barat. Tepatnya dari Pegunungan Müller dan berakhir di muara Selat Karimata.

2. Sungai Mahakam

Ada daftar dua sungai terpanjang di Indonesia yaitu Sungai Mahakam. Sungai ini terletak di Provinsi Kalimantan Timur dengan panjang total mencapai 920 km.

Sungai Mahakam mengalir ke Selat Makassar dan sebelumnya mengalir melalui wilayah Kutai Barat ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Samarinda.

3. Sungai Barito

Sungai tersebut berada di Provinsi Kalimantan Tengah. Total panjang Sungai Barito adalah 909 km.

Barito tidak berbeda dengan Sungai Kapuas dan juga mengalir keluar dari Pegunungan Muller. Meski demikian, keduanya merupakan muara yang berbeda. Saat Kapuas berada di Selat Karimata, Sungai Barito mengalir ke Laut Jawa.

4. Sungai Batang Hari

Di Pulau Sumatera, Sungai Batanghari merupakan yang terpanjang dan terbesar, namun di Indonesia, Batanghari merupakan sungai terpanjang nomor 4. Sungai ini memiliki total panjang 800 km dan lebar 200 hingga 600 meter.

Sungai tersebut membelah provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Sedangkan hilirnya adalah Gunung Rasan. Muara itu sendiri berada di Laut Cina Selatan.

5. Sungai Musi

Musi bukan hanya sungai terpanjang di Indonesia, tapi juga ikon utama kota Palembang di Sumatera Selatan.

Sebagai sungai terpanjang kelima di Indonesia, Musi juga merupakan sungai terpanjang di Sumatera dengan total aliran hingga 750 km. Sungai Musi mengalir ke Selat Bangka dari wilayah Kepahiang Bengkulu.

6. Sungai Membramo

Ada juga Sungai Membramo di Papua. Sungai ini memiliki panjang total hingga 670 km, menjadikannya sungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-7 di Indonesia.

Sungai Membramo sering disebut sebagai Amazon Indonesia karena keanekaragaman hayatinya yang tinggi.

7. Sungai Bengawan Solo

Anda mungkin mengenal Bengawan Solo dari judul lagu Keroncong yang melegenda di masa lalu. Sungai ini merupakan yang terpanjang di Pulau Jawa dengan total panjang mencapai 548.503 km dan mengalir dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Sungai ini mengalirkan mata air dari hulu Pegunungan Kidul hingga muara kawasan Gresik.

8. Sungai Digul

Di pulau Papua masih ada sungai dengan panjang menakjubkan 546 km, Sungai Digul, di sebelah Sungai Membramo. Dikenal sebagai Tanah Merah, sungai ini memiliki semacam dasar berlumpur saat musim hujan tiba.

Air yang mengisi daratan, yang seringkali lebarnya satu inci, berasal dari Pegunungan Sterren. Sedangkan ujung sungai mengalir ke Laut Arafuru.

9. Sungai Indragiri

Kembali ke pulau Sumatera, aliran sungai lain yang sangat panjang yaitu 500 km. Sungai itu bernama Indragiri.

Beberapa wilayah di wilayah Sumatera yang dilalui oleh perairan Sungai Indragiri yang jernih antara lain Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Riau. Mulut Indragiri berada di Laut Cina Selatan.

10. Sungai Seruyan

Kalimantan adalah pulau yang kaya akan sungai besar dan panjang. Salah satunya adalah Sungai Seruyan dengan panjang 350 kilometer, lebar 300 meter, dan kedalaman rata-rata hingga 6 meter.

Sebagai warga negara Indonesia tentunya kita patut berbangga dengan banyaknya sungai yang memiliki panjang yang mengagumkan tersebut. Cara kita mencintai sungai terpanjang ini adalah dengan melestarikannya.

Ini karena sungai bukan sekadar jaring air yang mengalir ke mulutnya. Sungai merupakan sumber kehidupan yang ombaknya dapat menyuburkan tanah dan tumbuhan hidup di hutan. Sungai merupakan sumber kehidupan bagi satwa liar. Sungai merupakan pusat dari jaringan ekosistem hutan.

Selain itu, ekosistem merupakan keseimbangan yang menghubungkan alam semesta dan menggerakkan kehidupan. Jika sungai tercemar, hutan akan rusak, ekosistem akan lumpuh, hewan-hewan akan mati dan kita akan dimusnahkan.

Baca Juga: