5 fakta luar biasa tentang iPhone X

5 fakta luar biasa tentang iPhone X

5 fakta luar biasa tentang iPhone X

5 fakta luar biasa tentang iPhone X

Selain dari layar, perbedaan iPhone X dengan seri iPhone lainnya juga terdapat pada fitur yang disematkan seperti Face ID yang bertujuan untuk menggantikan peran sidik jari. Tapi selain itu, iPhone X ternyata punya beberapa fakta mengejutkan lho! Berikut 5 fakta mengejutkan tentang iPhone X.
1. Peluncuran iPhone X secara drastis mengurangi lalu lintas ke situs porno

Nampaknya animo masyarakat terhadap produk baru dari Apple ini sangat tinggi. Terbukti ketika diluncurkan pada 9 September 2017 lalu menyebabkan penurunan drastis pengunjung website dewasa. Hal ini diyakini karena pengunjung yang biasanya mengunjungi situs dewasa lebih suka menonton rilis iPhone X, 8 dan 8 Plus secara live streaming.
mulai iphone x
Gambar: Livemint

Tuduhan itu terbukti kuat karena pengunjung situs dewasa kembali normal seperti biasa setelah acara peluncuran iPhone X berakhir. Lebih mengejutkan lagi, pengunjung situs dewasa naik 3 persen dari biasanya setelah acara rilis.
2. Harga pembuatan jauh lebih murah dari harga jual

Menurut pengamat industri dari China, biaya pembuatan satu unit iPhone X tidak lebih dari $4.125 atau sekitar 5 juta rupiah. Biaya tersebut selisih 59 persen dari harga eceran iPhone X yang ditetapkan oleh Apple. Komponen paling mahal dalam pembuatan iPhone X adalah Retina display yang dikenal sangat bertenaga.
mulai iphone x
Gambar: TNH Online

Untuk satu unit Retina display sendiri dibanderol dengan harga sekitar 1 juta rupiah, sedangkan chipset prosesor A11 Bionic dibanderol dengan harga 300.000 saja. Namun, perbedaan besar antara harga jual dan biaya produksi bukan hanya karena ingin mendapat untung, tetapi juga untuk menutupi biaya perakitan, iklan, dan biaya lainnya.

Baca Juga: Apple Luncurkan iPhone X, Mari Review Fitur iPhone X Tanpa Tombol Home
3. Performa iPhone X sama dengan MacBook Pro

Fakta mengejutkan dari iPhone X berikutnya adalah performanya yang sangat tangguh, bahkan berkat chipset besutan Apple terbaru yakni A11 Bionic yang menempatkan performanya setara dengan MacBook Pro, produk MacBook terbaru Apple untuk mengimbanginya.
mulai iphone x
Gambar: iMore

Hal ini sepertinya tidak mengejutkan mengingat harganya yang juga hampir sama dengan harga MacBook Pro. Bahkan, iPhone X tidak hanya memiliki performa yang sama dengan MacBook Pro, performa iPhone 8 dan 8 Plus juga hampir sama dengan MacBook Pro, meski masih sedikit di bawah iPhone X.
4. Dibalik harga selangit

Salah satu yang membuat animo fanboy Apple terhadap smartphone edisi khusus Apple ini adalah harga yang mahal. Untuk versi 64GB, Apple menjual iPhone X seharga $999, sedangkan versi 256GB lebih mahal dengan harga $1.149. Tiba-tiba, ini menghentikan beberapa penggemar iPhone X untuk membeli produk edisi khusus Apple ini.
harga iphone x
Gambar: Youtube

Namun harga tersebut hanya di Amerika Serikat, sedangkan harga di luar Amerika cenderung meningkat drastis mengingat iPhone X saat ini baru resmi dijual di negara-negara tertentu di luar Amerika Serikat, seperti Australia, Singapura, dan Hong Kong. Namun bagi para fanboy Apple yang memiliki budget terbatas, sepertinya tidak masalah jika mereka harus ikut campur dengan harga yang tidak masuk akal.
5. ID Wajah menggantikan sidik jari

Di luar dugaan, Apple tidak menambahkan sidik jari pada iPhone X, menggantikannya dengan Face ID atau sistem pengenalan wajah untuk membuka kunci layar iPhone X. Jadi setiap pemilik yang ingin membuka iPhone X mereka harus memalingkan wajahnya ke layar iPhone X selama beberapa detik.
fakta iphone x
Gambar: CNET

Namun, ada kekhawatiran yang bersumber dari kehadiran Face ID. Mayoritas pengguna khawatir Apple akan mencuri data identitas Face ID mereka, yang justru akan berdampak merugikan karena mempengaruhi privasi pengguna. Namun, Apple membantah, memastikan bahwa data ID Wajah pengguna disimpan hanya di ponsel mereka dan bahwa Apple tidak ikut campur dalam masalah ID Wajah.

Sumber :

Related Posts